YANG HARUS KAMU TAHU TENTANG CYPRUS

Tips Perjalanan ke Negara Eropa: Cyprus

 Tentang Negara Cyprus 

Cyprus adalah sebuah pulau yang terletak di Laut Mediterania. Pulau ini dihuni dengan pegunungan di utara dan selatan dan pantai selatan ditutupi dengan dataran. Suhu sangat panas menandakan iklim Mediterania. Musim dingin disini lebih sejuk. Nicosia adalah ibu kota Cyprus. Mata uang yang digunakan di sini adalah Pound Cyprus.

 Budaya 

Bahasa Yunani, Inggris dan Turki adalah bahasa yang digunakan Cyprus. Ada budaya campuran Yunani dan Timur Tengah. Penduduk setempat sangat ramah dan menyambut orang luar dengan hati terbuka dan membuat mereka betah dengan menawarkan mereka minuman. Untuk menyapa seseorang, jabat tangan sudah cukup. Sudah merupakan kebiasaan disini untuk membawa hadiah kecil ketika diundang untuk makan malam. Kalian bisa berpakaian dengan santai, tapi pakaian renang harus dipakai di pantai saja ya.

Melihat Situs Budaya 

Negara ini penuh dengan kebun anggur, bangunan abad ke-12, kebun buah dan biara. Berhati-hatilah saat memotret di luar objek wisata karena hal ini dilarang di area militer dan harus ada izin khusus untuk memotret di tempat-tempat seperti museum dan galeri seni dan kebanyakan dari mereka tidak mengizinkan fotografi dengan flash. Taksi dapat disewa untuk berkeliling kota-kota besar di Cyprus, yang mengenakan biaya sesuai dengan meteran yang diatur pemerintah dan tidak ada salahnya memberi tip, karena ini hal umum di Cyprus.

Listrik

240 V, 50 Hz

Menuju Ke Cyprus

Maskapai nasional adalah Cyprus Airways yang menghubungkan sebagian besar kota besar di Eropa. Empat puluh maskapai penerbangan lainnya juga melayani di bandara Larnaca, yang berjarak 5 km dari Larnaka dan 50 km dari Nicosia. Taksi dapat disewa untuk mencapai tujuan mana pun dari sana karena kurangnya layanan bus dan kereta api di bandara. Layanan lain yang ditawarkan di bandara ini adalah toko bebas bea, bank, informasi pariwisata dan hotel, restoran, persewaan mobil, kantor pos dan kantor reservasi. Bandara lainnya, Pafos, berjarak 15 km dari kota dan membutuhkan waktu sekitar 35 menit untuk mencapai bandara bandara ini menyediakan fasilitas yang sama seperti bandara Larnaca.

Pelabuhan utama Cyprus adalah pelabuhan Limassol dan pelabuhan Larnaca yang menghubungkan pelabuhan lain di Timur Tengah dan Yunani. Tidak hanya layanan kapal feri saja yang disediakan di sini, bahkan layanan kapal pesiar pun disediakan di sini.

Pulau Cyprus tidak terhubung dengan jalan raya ke negara lain, tetapi jalan melintasi Cyprus menghubungkan semua kota dan desa. Bus beroperasi di jalan raya kecuali pada hari Minggu tapi tenang, bus ini beroperasi hingga larut malam selama musim panas. Wisatawan dapat naik bus pedesaan untuk mencoba berkeliling melalui desa-desa terpencil, jangan kaget ya kalau bus ini agak lambat di perjalanannya. Jika berencana menyewa mobil, disarankan untuk booking jauh-jauh hari karena pasti ramai sekali, terutama di musim panas karena sebagian besar waktu pemesanan sudah penuh, jangan lupa juga membawa SIM Nasional atau SIM Internasional.

 

Item Bebas Bea

1. 200 batang rokok atau 50 cerutu atau 250g tembakau

2. 1 liter minuman beralkohol (volume lebih dari 22 persen) atau 2 liter anggur bersoda

3. 2 liter anggur; 50ml parfum dan 250ml eau de toilette

 

Jangan lupa untuk update barang-barang ini di dalam ketentuan maskapai ya