Travel Warning VS Travel Advice

Travel Buddies! semoga kalian selalu dalam keadaan sehat dan travel ready ya, Pernah denger kan Istilah travel warning bukan hal baru memang. Tapi apakah kalian pernah dengar Travel Advice?

Karena, Indonesia pernah lho masuk daftar negara dengan status travel advice, bahkan travel warning. Contohnya kemarin, travel warning yang di sematkan oleh beberapa negara di dunia kepada negri kita tercinta ini setelah terjadi bom Bali atau travel advice saat ada gunung yang meletus. Penasaran sama perbedaannya? Yuk, kita bahas!

Travel Warning

Travel warning adalah imbauan atau larangan yang dikeluarkan oleh suatu negara untuk warga negaranya agar mereka tidak bepergian ke suatu tempat tertentu. Larangan itu dikeluarkan karena adanya risiko atau bahaya. Adanya risiko dan ancaman keamanan itu membuat kamu disarankan untuk memikirkan kembali rencana keberangkatan.

Peringatan perjalanan ini bisa saja dikeluarkan secara mendadak sehingga mengejutkan para pelancong yang sudah merencanakan perjalanan mereka. Hal itu disebabkan adanya kejadian luar biasa yang tidak terduga. Oleh negara pendeklarasi travel warning, kejadian itu dianggap dapat membahayakan nyawa dan keselamatan warga negara mereka.

Ada sejumlah hal yang menyebabkan pengeluaran travel warning, di antaranya:

– Kondisi pemerintahan yang sedang tidak stabil.

– Memburuknya hubungan kedua negara atau beberapa negara sekaligus. Hal itu bisa disebabkan kebijakan ekonomi ataupun diplomasi kedua negara.
– Adanya kasus kejahatan (berbahaya) yang sedang berlangsung.
– Adanya serangan teroris. Misalnya, Indonesia juga pernah mendapatkan peringatan ini sewaktu ada serangan bom di Bali dan Jakarta beberapa tahun yang lalu.

Tak ada batas waktu dalam pemberlakuan travel warning ini. Pemberlakuannya akan mengikuti perkembangan kondisi negara bersangkutan. Pencabutannya pun haruslah melalui penilaian dan pengamatan yang menyeluruh dan seksama.

Pemberian travel warning kepada suatu negara mengakibatkan kerugian pada negara bersangkutan. Pasalnya, adanya travel warning akan membuat pelancong berpikir ulang untuk berwisata ke sana. Akibatnya, pemasukan devisa dari sektor wisata pun berkurang.

Travel Advice

Selain peringatan perjalanan travel warning, ada juga travel advice yang juga dikeluarkan negara dalam upaya melindungi warga negaranya. Travel alerts diartikan sebagai adanya kejadian yang berpotensi membahayakan dalam jangka waktu pendek.

Travel advice yang dikeluarkan suatu negara untuk warganya adalah kewajiban. Hal itu merupakan pengingat negara agar warganya tetap aman saat bepergian. Meskipun demikian, negara yang mengeluarkan travel advice tetap memandang negara yang masuk daftar travel advice masih aman untuk dikunjungi. Hanya saja, warga mereka diminta waspada.

Beberapa kondisi yang membuat sebuah negara mengeluarkan travel advice, yakni:

– Masa pemilu, yang berpotensi menimbulkan kerusuhan.
– Kondisi tidak aman seperti ketika terjadi huru-hara (unjuk rasa besar-besaran) seperti yang terjadi di Bangkok beberapa waktu lalu.
– Adanya wabah penyakit. Terutama penyakit yang menular, merebak dengan cepat dan susah untuk diobati.
– Adapun beberapa hal lain yang bisa menyebabkan dikeluarkannya larangan atau peringatan ini, seperti adanya bencana alam (gempa bumi, banjir, tsunami atau gunung meletus) dan kemungkinan terjadi bencana susulan.
– Kondisi kedua negara terkait yang sedang memburuk.

Jadi, jangan lupa untuk cek berita terkait travel warning atau travel advice sebelum kalian Travel Buddies berniat untuk pergi ke suatu daerah untuk traveling ya.

Kalau emang harus traveling, jangan lupa JASINDO TRAVEL INSURANCE, ensure your travel!