ADA APA DI ALBANIA?

Tips Perjalanan ke Negara Eropa: Albania

 

Albania adalah negara pegunungan dan salah satu negara terkecil di Eropa. Penduduknya konon adalah keturunan dari Illyria kuno.

 

Budaya

Kebudayaan Albania sebagian besar dipengaruhi oleh kebudayaan Yunani daratan terutama di daerah perkotaan; menganggukkan kepala berarti 'tidak' sedangkan menggelengkan kepala berarti 'ya'. Berjabat tangan lebih disukai sebagai simbol untuk menyapa seseorang.

Orang-orang berpakaian informal di sini. Pakaian renang dimaksudkan untuk pantai, jika tidak, wanita diharapkan tidak mengenakan pakaian terbuka. Saat memanggil seseorang, awali Zoti (Tuan) atau Zonja (Nyonya) sebelum nama dan selalu ingat untuk membawa hadiah ketika mengunjungi seseorang, tapi agak kurang sopan jika membawa bunga.

Para tamu disajikan dengan kopi dan manisan. Perokok tidak perlu khawatir, tetapi mereka harus patuh ketika mereka melihat tanda Ndalohet Duhani atau Ndalohet pirja e duhanit.

 

Bepergian di dalam negeri

Bus dengan tarif yang relatif murah beroperasi di kota-kota besar negara, bisa juga naik taksi yang merupakan pilihan lain yang disediakan beberapa hotel besar.

Kunjungi Gunung Dajti dan nikmati Kereta Gantung Dajti Ekspres untuk perjalanan yang tak terlupakan selama 15 menit melewati Dajt Oark untuk mencapai Tirana. Rutenya sekitar 4,2 km dan biaya perjalanan sekitar € 6,5. Alpha Yachting menyediakan kapal pesiar mewah.

Tirana Bank adalah tempat terbaik untuk menarik uang karena memungkinkan akses ke kartu Visa.

 

Makan di Luar

Restoran tidak selalu memiliki pemanas yang cukup, jadi selalu kenakan pakaian hangat jika keluar di malam hari selama musim dingin. Orang asing dikenakan biaya lebih dari penduduk lokal. Baik biaya masuk maupun barang dagangan seperti souvenir, jadi lebih baik tidak perlu menonjolkan bahwa kamu adalah traveler saat berada di jalan.

 

Melihat Situs

Kalau kamu suka bermain kano, ini adalah tempat yang tepat. Ada tempat-tempat tepat di luar Tirana yang merupakan situs luar biasa untuk kano, panjat tebing, hiking, dan berkemah.

 

Akomodasi

Kalau kamu menginginkan suasana bintang 5, cobalah The Sheraton Tirana Hotel and Towers, yang terletak di tengah pusat perbelanjaan dan hiburan. Ada sekitar 151 kamar dan 56 suite. Jadi, sesuai dengan kenyamanannya, seseorang bisa berbelanja sekaligus menginap tidak jauh dari hotel.

Hotel lain yang menyediakan semua fasilitas modern adalah Hotel Mondial. Terletak 1 km dari kota dan juga merupakan contoh arsitektur tradisional yang indah.

 

Menuju Ke Albania

Salah satu cara terbaik dan termudah adalah lewat udara. Albanian Airlines adalah maskapai penerbangan nasional yang bekerja sama dengan Tyrolean Airways, dan menyediakan layanan ke hampir semua kota besar di Eropa. Bandara, Mother Teresa, berjarak 16 mil atau 26 km dari ibu kota. Bus wisata tersedia setiap 3 jam untuk sampai ke pusat kota dan membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk sampai ke sana. Taksi tersedia sepanjang waktu. Sambil menunggu layanan transportasi apa pun, wisatawan bisa melihat-lihat toko duty free, bank, tempat makan dan penyewaan mobil di bandara.

 

Jika mencoba ke sana melalui laut, cobalah layanan feri yang disediakan oleh Adriatic Line dan Agoudimos. Pelabuhan utama adalah Durres (memiliki koneksi feri ke Italia, Bari, Brindisi, Trieste, dan Ancona), Vlora (memiliki koneksi feri ke Bari, dan Brindisi), Saranda (memiliki koneksi ke Corfu), Shen Gjini (memiliki koneksi feri ke Bari).


Bus adalah pilihan lain. Bus mulai dari Istanbul, Athena, dan Sofia. Jika menyewa mobil dan menyetir sendiri, batas kecepatan harus diikuti dengan ketat di jalan raya maupun di dalam kota. Mengemudi di malam hari sebaiknya dihindari karena tidak adanya lampu jalan di jalan kecuali di daerah perkotaan.

Lalu lintas harus mengemudi di sisi kanan. Terdapat sedikit pompa bensin di pedesaan, jadi disarankan untuk mengisi tangki bensin secara penuh ketika melewati daerah perkotaan dan karena kurangnya sistem yang pasti; traveler harus bersiap untuk keadaan darurat. Seseorang harus membawa dokumen yang diperlukan seperti Izin Mengemudi Internasional dan SIM nasional. Jika lelah kalian bisa berhenti di hotel atau area lain yang ditentukan. Ada jaringan sepanjang 18.000 km, di mana hanya 7450 km yang merupakan jalan utama, untuk wisatawan lokal. Sekitar 2138km bentangan jalan ini dalam kondisi buruk dan memiliki lubang yang lumayan banyak, jadi harus lebih hati-hati ya.

 

Item Bebas Bea 

Berikut adalah barang-barang yang dapat diangkut tanpa dikenakan bea masuk:

1. 1 liter minuman keras atau 2 liter anggur

2. 250ml eau de toilette

3. 200 batang rokok atau 50 cerutu atau 250g tembakau

4. Parfum 50ml.

 

Item yang Dilarang

Barang yang dilarang dibawa adalah senjata api, narkotika dan amunisi. Izin ekspor khusus harus diambil untuk logam mulia, buku, barang antik, karya seni, atau bahan yang memiliki nilai nasional atau sejarah.