Travel Insurance, perlukah?

TravelBuddies, kalian sering travelling kan? Domestik atau luar negeri? TravelBuddies yang sering beli tiket perjalanan langsung di website penyedia layanan pemesanan tiket online biasanya tau nih, kalau perusahaan penyedia layanan tersebut menawarkan opsi tambahan untuk membeli asuransi perjalanan. Seberapa sering TravelBuddies memilih opsi tersebut? Atau kamu lebih terbiasa dengan pergi ke www.jasindotravel.co.id untuk membeli langsung asuransi perjalanan kamu, hayo yang ngaku hobi travelling, harus tau nih pentingnya memiliki asuransi travel, supaya perjalanan bisnis atau liburan kamu bisa lebih nyaman, tapi mungkin ada beberapa dari kalian yang merasa asruansi travel itu ngga penting, kalo gitu yuk langsung kita bahas sama-sama, TRAVEL INSURANCE? PENTING GA SIH?.

Asuransi travel/perjalanan adalah salah satu jenis asuransi yang memberikan extra perlindungan dari hal-hal yang tidak terduga selama kita melakukan perjalanan baik dalam maupun luar negeri. Jadi, kita tetap bisa travelling dengan nyaman dong. Apalagi di situasi yang tidak menentu seperti sekarang. Udah beli tiket jauh-jauh hari, lalu tiba di destinasi travel malah sakit, atau mungkin perjalanannya harus dibatalkan karena satu dan lain hal. Pasti puter otak kan buat mengatasi beberapa mondisi tadi. Beda halnya kalau kita sudah memiliki Asuransi Travel, paling tidak, kita ngga perlu berfikir extra karena biaya yang mungkin akan timbul dari kondisi yang tidak bisa kita hindari di atas.

Beberapa orang mungkin masih asing dengan asurasi perjalanan tapi faktanya beberapa negara di dunia bahkan sudah mewajibkan traveller atau para pendatang untuk memiliki asuransi perjalan lho, misalnya negara-negara di Eropa termasuk didalamnya Schengen Country dan Amerika. Asuransi perjalanan ini harganya nggak mahal kalo dibandingkan dengan total harga perjalanan dan keuntungan yang bisa kamu dapat lho!, cuma sepersekiannya aja. Bahkan segelas kopi yang kamu beli di bandara atau stasiun aja mahal asih lebih mahal. Bhakan, ada perusahaan asuransi yang menawarkan premi mulai dari Rp5.000, tergantung pertanggungan yang diinginkan, lama perjalanan dan tujuan perjalanan.

Pada dasarnya asuransi perjalanan menawarkan manfaat berupa pertanggungan biaya medis selama perjalanan. Namun bila dirasa masih kurang, ada beberapa manfaat  tambahan yang bisa kalian pilih dengan sedikit menambah biaya premi. Misalnya perlindungan akan keterlambatan/kehilangan bagasi, penundaan jadwal perjalanan hingga pembatalan penerbangan, sampai perlindungan terhadap rumah apabila bepergian meninggalkan rumah dalam jangka waktu yang cukup lama.

Pada asuransi perjalanan umumnya ada dua jenis asuransi yang ditawarkan, pertama adalah program single trip yang dapat menjamin untuk satu kali perjalanan dengan kurun waktu tertentu (biasanya akan menjamin hingga maksimum 180 hari per perjalanan). Ada juga program tahunan, yaitu program asuransi yang dapat menanggung atau menjamin setiap perjalanan maksimum 90 (sembilan puluh) hari/ perjalanan sepanjang tahun. Lagi-lagi premi serta tanggungan yang didapat beragam ya, tergantung dari perusahaan dan plan/paket yang kita pilih.

Tapi TravelBuddies perlu juga mengetahui bahwa ada lho hal-hal yang tidak akan ditanggung oleh asuransi travel, misalnya kalau negara tujuan adalah negara yang tidak aman atau sudah mendapatkan pengumuman resmi dari pemerintah sebagai negara yang tidak disarankan atau tidak boleh untuk dikunjungi, baik karena bencana alam hingga terorisme. Jadi pastikan kalian membeli asuransi travel dari perusahaan yang terpercaya, seperti JASINDO TRAEL INSURANCE dong, yang jelas milik Negara dan merupakan salah satu support kita bersama untuk negeri ini jika kita memiliki Asuransi dari JASINDO Travel.

Lalu bagaimana cara untuk memiliki asuransi travel pengajuan/memiliki asuransi perjalanan ini, secara umum ada beberapa syarat yang Sobat harus penuhi:

Formulir pengajuan asuransi 
Fotokopi/scan KTP 
Fotokopi/scan paspor (untuk perjalanan luar negeri)
Batas usia 1-80 tahun
 
Untuk proses klaim biasanya terbagi dalam dua skema. Skema pertama, apabila perusahaan asuransi tersebut termasuk dalam worldwide provider. Misal bila TravelBuddies mengalami kecelakaan di negara destinasi maka Sobat tinggal menunjukkan asuransi tersebut ke pihak rumah sakit. Jika skema pertama tidak berlaku maka skema kedua adalah jawabannya, jadi bila TravelBuddies harus menanggung segala biaya pengobatan terlebih dahulu untuk kemudian mengajukan klaim setibanya di tanah air berdasarkan surat keterangan dari dokter dan rumah sakit di mana TravelBuddies dilakukan tindakan.

So... jelas kan Buat klaian TravelBuddies yang memang sudah atau akan jadi traveller dalam maupun luar negeri kudu nih punya asuransi perjalanan tiap kali travelling. walaupun dalam negeri atau sekitaran Asia saja, apalagi kalau ke luar negeri. Karena biasanya pengajuan VISA mensyaratkan kita untuk mempunyai travel insurance dan tentunya JASINDO Travel Insurance adalah pilihan yang tepat!