TRAVELING WITH TODDLERS

Liburan bareng sama anak-anak yang masih balita? Why Not ?

Lingkungan baru dan suara-suara bising bisa sangat mempengaruhi mood anak kecil, lalu liburan bisa dengan cepat berubah menjadi emosi kalau kita gak siap.

Berikut adalah 10 tips yang bisa dilakukan sebagai orang tua agar liburan bersama balitanya tetap menyenangkan :

1. Cari tempat tujuan yang cocok untuk anak-anak, memiliki fasilitas untuk anak-anak serta bukan tempat yang terlalu ramai.
2. Utamakan keselamatan, tetap gunakan dengan benar kursi mobil untuk anak kamu dan pasang pelindung jendela yang bisa dilepas pasang untuk menghalangi sinar matahari langsung ke posisi anak.
3. Bawa mainan favorit anak, video atau dvd favorit anak, mungkin kalau sekarang sudah pada kenal Youtube, jangan lupa download dulu video favoritnya, karena siapa tau tempat liburan kamu tidak menyediakan wifi dan pas banget pulsa internet habis, bisa gawat kan :) 
4. Kalau kamu traveling menggunakan mobil pribadi, kurangi kebosanan dengan menyediakan waktu untuk berhenti selama beberapa kali. Anak-anak perlu berbaring sejenak atau berlari-lari untuk meluruskan kaki, pertimbangkan membawa bola untuk bermain di sela istirahat ini.
5. Jangan terlalu terburu-buru, saat ini kamu, parents lagi traveling sama anak-anak balita, jadi bersikap flexible akan jadwal itu yang terbaik, karena dalam menyerap pengalaman, anak-anak punya cara dan langkahnya sendiri. 
6. Pastinya, bawa air minum dan camilan sehat untuk anak-anak ya biar gak bosen di perjalanan atau untuk dimakan ketika tiba di tempat tujuan
7. Anak kamu punya mainan atau selimut favorit? Bisa juga dibawa sebagai bekal supaya anak-anak tetep feels like home dimanapun berada.
8 Bangun pagi! Untuk anak-anak, moment paling menyenangkan adalah pagi hari, jadi rencanakan aktifitas mu dari pagi hari ya, biar gak luntur semangatnya
9. Usahakan rutinitas dan jadwal anak-anak tetap pada waktunya, contohnya jam makan, jam tidur siang dan jam tidur malam agar anak-anak tetap merasa betah dan tidak cranky
10. Abadikan selalu moment bersama anak-anak, karena kesempatan ini gak akan berulang lagi. 

Itu dia 10 tips traveling bersama anak anak dan balita, semoga bermanfaat!