BARU PERTAMA KE LUAR NEGERI?

This is the Big Day! Liburan ke negeri asing yang jauh dari rumah, kamu sudah siap untuk pergi, paspor sudah siap, tiket pesawat, dan budget untuk beberapa minggu kedepan. Nervous, udah pasti, gak sabar juga iya, nah, simak tips berikut ini biar kamu bener-bener siap untuk liburan :


Sebelum kamu pergi.

Pastikan kamu packing barang seringan mungkin, jangan lebih dari 2 koper dan 1 tas jinjing. Kalau kamu pergi ke negara dengan iklim tropis, akan lebih mudah mengepak celana pendek dan T-Shirt. Toh, kamu masih bisa belanja beberapa baju di tempat tujuan nanti.

Jangan lupa untuk memastikan obat-obatan pribadi kamu dibawa, dan gak ada salahnya juga bawa kopi resep obat itu untuk jaga-jaga. Pastikan juga regulasi maskapai terkait membawa cairan di dalam tas kamu. Fyi, aturan dan regulasi ini bisa berubah sesuai dengan kondisi cuaca saat ini.

Konfirmasikan ulang tiket perjalanan kamu dengan maskapai, dan pastikan kamu cek email atau sms (ya, sms, kadang maskapai masih menggunakan sms loh) dimana kadang maskapai mengirimkan informasi terbaru mengenai jadwal penerbanganmu. Terkadang, jika kamu melakukan transit, perubahan bisa saja terjadi, tergantung kondisi cuaca dan kondisi kota pada saat itu.

Pastikan list barang-barang kamu sudah terbawa semua, cek lagi sampai dua atau tiga kali menjelang hari H, paspor, tiket , reservasi hotel, uang tunai, kartu kredit, kartu ATM, cek kembali semua ya. Sebaiknya kamu punya list untuk ini. Jika kamu pergi ke negara dengan mata uang sendiri, rencanakan untuk menukar uang paling tidak 3 hari sebelum perjalanan. Jangan pernah mencoba untuk menukar uang di negara tujuan kamu dengan mata uang negara kamu, pasti nilainya tinggi banget loh.

 

Bandara lokal

Rencanakan berangkat ke bandara kamu tiga jam sebelum boarding (cek di tiket ya jam boarding nya jam berapa), untuk lebih aman, jika bisa, lakukan check in via website maskapai, juga persiapkan waktu untuk mengantri di Imigrasi bandara yang mungkin akan menghabiskan waktu sampai satu jam.

Jangan lupa selalu mengecek regulasi terbaru terkait keimigrasian dan barang yang tidak boleh dibawa ke kabin pesawat.

Jika penerbanganmu tepat ketika jam makan siang ataupun malam, ada baiknya sebelum berangkat isi perutmu dulu agar tidak tersiksa saat proses di bandara, karena dikhawatirkan konsentrasi kamu buyar dan menimbulkan kejadian yang tidak terduga. Baik juga untuk kau menyiapkan camilan di tas, tapi gak usah banyak-banyak ya, nanti malah repot sendiri lagi sama camilan hehe

Manfaatkan toko bebas pajak yang ada di bandara, untuk beberapa item seperti parfum, rokok dan barang lainnya. Cek juga batasan di negara tujuan kamu sebelum membeli parfum, apakah boleh membawa lebih dari 5 botol parfum.

Kalau sudah check in, imigrasi sudah selesai, dan sudah berada di ruang boarding. Saatnya rileks dan menunggu panggilan, waktu ini bisa kamu manfaatkan untuk membaca kembali itinerary yang sudah disusun jauh-jauh hari, mengecek email yang masuk apakah ada informasi dari negara tujuan kamu atau hanya sekedar mendengarkan musik saja. Biasanya bandara menyediakan akses wifi gratis, tapi alangkah baiknya kalau tetap berhati-hati dengan tidak mengakses fitur perbankan demi keamanan.

 

Di dalam pesawat

Cobalah untuk rileks dan tidur sebanyak mungkin, supaya kamu tetap nyaman dengan adanya perubahan zona waktu dan mengurangi jet lag ketika tiba nanti. Hindari alkohol dan minumlah banyak air mineral, terutama pada penerbangan yang lebih panjang. Dehidrasi mudah terjadi pada penerbangan panjang di udara kabin yang kering.

Baca dan tonton film untuk menghabiskan waktu. Lakukan beberapa teka-teki di majalah on-board. Tetap sibuk sebanyak mungkin. Kunyahlah beberapa permen karet untuk mengurangi tekanan udara selama tinggal landas dan mendarat.

Anda harus mengisi formulir pernyataan bea cukai di pesawat untuk diserahkan kepada petugas Bea Cukai. Lakukan ini di pesawat dan selipkan di paspor kamu agar tidak hilang.

 

Tiba di negara tujuan

Usahakan segera keluar dari pesawat, karena kamu masih harus melewati imigrasi atau bea cukai. Ikuti saja semua petunjuk yang ada di bandara, jika kamu hanya transit disini, perhatikan instruksi mengenai transit, apakah perlu mengambil koper atau tidak. Sebaiknya tidak perlu menggunakan kamar mandi atau berhenti untuk sekedar merokok, karena waktu kamu mungkin sempit sekali disini. Siapkan paspor kamu ya, jangan sampai tertinggal di dalam pesawat.

 

Ketika tiba di bagian imigrasi dan bea cukai, bersikaplah ramah kepada petugas, serahkan paspor dan deklarasi yang sudah diisi di dalam pesawat tadi. Lalu jika sudah selesai, segera ke tempat bagasi turun , jangan sampai tertukar ya dengan bagasi orang lain.

Oke saatnya menikmati kota indah impianmu! J

Enjoy!